Friday, February 12, 2016

Kencur, Menyegarkan Tenggorokan dan Menghangatkan Badan

Kencur

Sejak jaman nenek moyang, Tanaman kencur telah menjadi tanaman yang terbukti memberikan khasiat obat dan telah terbukti mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat obat dari kencur adalah membantu meringankan sakit kepala, menambah nafsu makan pada anak-anak, sakit tenggorokan, influenza, dan keselo. Khasiat kencur yang lain adalah membantu untuk melangsingkan tubuh, mengobati asthma, mengobati rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu merawat wajah yaitu menghilangkan jerawat. Sifat dari kencur hangat di perut bila diminum, jadi mampu menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin. Kencur juga terkenal melegakan tenggorokan, sering digunakan oleh para biduan untuk menjernihkan suara dengan cara memakan dan mengunyah kencur langsung. Cara ini memang agak pedas tapi sangat efektif untuk membersihkan lendir dan kotoran di tenggorokan, cobalah khasiatnya akan langsung anda rasakan.

Kencur nama latinnya adalah Kaempferia galanga L  suatu tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan jamu tradisional jawa. Kencur termasuk dalam satu famili  dengan jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya. Sejak jaman dulu Kencur telah digunakan sebagai obat. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi.

Cara mengolah kencur sehingga siap saji sangatlah mudah. Dalam pembuatan jamu tradisional dikenal dengan nama Beras Kencur, seperti namanya bahan untuk membuat ini cuma beras dan kencur, cukup mengolahnya dengan cara yang sangat sederhana, minuman beras kencur akan siap disajikan. Cara membuatnya sangat mudah, cuci dan rendam beras secukupya sampai beras menjadi putih pucat kemudian tumbuk halus dengan kencur segar yang sudah dibersihkan. Ambil saringan, kemudian campur tumbukan beras dan kencur yang sudah halus tadi dengan air matang, peras ambil sarinya dengan cara disaring, tambahkan pemanis sesuai selera dan Minuman Beras Kencur siap disajikan. 

Salah satu khasiat kencur yang sudah dibuktikan sejak zaman kakek nenek dulu adalah untuk mengobati batuk. Berikut cara sederhana untuk mengolah kencur menjadi obat batuk. Pertama-tama, parut 3 potong kencur sebesar jari dan masukkan ke dalam setengah gelas air matang. kemudian, tambahkan garam secukupnya. Minum ramuan sederhana ini setiap pagi dan sore sampai batuk reda. Jamu dari bahan Kencur tidak pernah ditemukan efek samping buruknya. Minuman Kencur juga dapat diberikan untuk semua umur baik balita sampai orang tua.

4 comments: